Ads Right Header

Buy template blogger

Mahasiswa Unika Ruteng Beri Kontribusi Nyata untuk Administrasi Paroki Santu Paulus Mano

Foto kegiatan bersama mahasiswa KKN Unika Ruteng (Sumber: Panitia)

Penulis: Selvianus Hadun; Editor: Tim Redaksi

Ruteng, PIJAKAN RakyatMahasiswa KKN Integratif 2024 Unika Santu Paulus Ruteng memberikan kontribusi nyata untuk kelengkapan admisitrasi paroki Santu Paulus Mano, Aula Paroki St. Paulus Mano, Rabu, (7/8/2024). 

Romo Etwin Sunardi Nambung, kerap disapa romo Windi menyampaikan bahwa kehadiran peserta KKN Integratif 2024 Unika St. Paulus Ruteng memberikan kontribusi nyata dalam memenuhi data administrasi paroki.

Romo Windi menjelaskan juga bahwa Kehadiran Mahasiswa KKN itu menunjukkan bahwa Unika mempunyai kepedulian dalam karya pastoral di Keuskupan Ruteng.

“Pengambilan data umat di 149 KBG yang ada di paroki ini merupakan suatu pekerjaan yang sangat membutuhkan tenaga dan waktu. Namun berkat kehadiran Unika St. Paulus Ruteng dalam hal ini adalah peserta KKN 2024 proses pengambilan data umat menjadi lebih ringan” ungakp Romo Windi.

Partisipasi mereka dalam pengambilan data umat merupakan suatu Kontribusi nyata yang sangat besar bagi kelengkapan administrasi Paroki, lanjut Roo Windi.

“Tentunya keikutsertaan dari peserta KKN kali ini dapat memberikan kontribusi nyata yang amat besar untuk administrtasi paroki kami. Kontribusi nyata itu adalah perolehan data umat, situasi riil dari umat, dan data-data yang akurat terkait umat paroki kami” tutur Windi.

"Kami sangat terbantu dengan kehadiran mahasiswa KKN dari Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng. Kedatangan para adik-adik seperti kabar gembira bagi kami, karena bersedia untuk turun gunung mendata 149 KBG tanpa kenal lelah” ungkap Pastor paroki itu.

Romo Windi mengakhiri sambutannya dalam kegiatan Monitoring dan evaluasi KKN Integratif 2024 itu dengan menyampaikan harapanya agar dengan waktu yang masih tersisa, mahasiswa masih punya beberapa waktu untuk mengimplementasikan program-program lain yang sudah direncanakan.

Sementara Rektor Unika St. Paulus Ruteng, Dr. Maksimus Regus, S.Fil., M.Si. mengungkapkan rasa bangga dan apresiasinya terhadap dedikasi para mahasiswa KKN Integrtif 2024 itu.

"Kami sangat bahagia melihat adik-adik mahasiswa terlihat sehat, sebagai bukti bahwa umat di Paroki Santu Paulus Mano telah memberikan sinergi dan kontribusi yang positif terhadap kehadiran mahasiswa dalam rangka pendataan umat di Paroki Mano.” Ungkap Dr. Maks.

Dr. Maks juga menyampaikan bahwa kegiatan mendata umat tentunya para mahasiswa mampu menggali makna-makna, mencari tahu pengalaman-pengalaman berguna.

BACA JUGA:

Mahasiswa KKN Unika St. Paulus Ruteng Bantu Inovasi Pertanian Berkelanjutan di Desa Robek

“Banyak pengalaman perjumpaan dengan keluarga-keluarga baru walaupun dari latar belakang yang berbeda-beda. Berita yang menggembirakan bahwa, terdapat banyak keluarga baru yang belum terdata dalam sistem Biduk, artinya umat Katolik di Keuskupan ini semakin bertambah dan menjadi kekuatan demografis yang besar dalam 10 tahun ke depan,” tutur Rektor Maks. 

Rektor Maks melanjutkan bahwa kegiatan Monev itu bertujuan untuk mengevaluasi kemajuan, efektivitas, serta dampak program yang telah dilaksanakan selama beberapa minggu terakhir.

Pantauan media ini, Dr. Maksimus Regus, S.Fil.,M.Si. Rektor Unika St. Paulus Ruteng dalam kunjungan MOnev itu didampingi oleh Dr. Yuliana Wahyu, S.Si.,M.Pd selaku Ketua Panitia KKN, tim dosen pembimbing lapangan, Dr. Ans Prawati Yuliantari, M.Hum., Angela Klaudia Danu, M.Pd., Mariana Jediut, M.Pd., dan Elfrida Knaofmone, M.Si. (Redaksi PR

Previous article
Next article

Ads Atas Artikel

Ads Tengah Artikel 1

Ads Tengah Artikel 2

Ads Bawah Artikel