Ads Right Header

Buy template blogger

277 Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2024/2025 Disambut Dekan FPP dan FT Unika Santu Paulus Ruteng dalam Kegiatan PKKMB

Foto pembukaan kegiatan PKKMB FPP dan FT Unika Ruteng (Sumber: Panitia)

Penulis: Selvianus Hadun; Editor: Tim Redaksi

Ruteng, PIJAKAN Rakyat- Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng memulai rangkaian kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun Akademik 2024/2025, Kamis, (22/8/2024). 

Dalam kesempatan itu, Dr. Yuliana Wahyu, M.Pd, Dekan Fakultas Pertanian dan Peternakan (FPP) serta Fakultas Teknik (FT) memberikan sambutan kepada para mahasiswa baru yang akan memulai perjalanan akademik mereka.

"Selamat datang kepada seluruh mahasiswa baru tahun akademik 2024/2025 di Kampus Unika Santu Paulus Ruteng. Selamat bergabung di Fakultas Pertanian dan Peternakan serta Fakultas Teknik," ujar Dekan dalam sambutannya.

Beliau menekankan bahwa hari itu adalah awal pengenalan kampus dan awal perjuangan yang akan membutuhkan energi, pikiran, serta komitmen yang besar dari para mahasiswa.

Dekan itu juga menyampaikan tentang pentingnya program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) bagi mahasiswa baru.

"MBKM memberikan kesempatan bagi kalian untuk menikmati pembelajaran di luar kampus. Program ini sangat penting untuk membangun pemahaman tentang globalisasi, revolusi industri 4.0, society 5.0, dan pengenalan growth mindset mahasiswa," ungkap Yuliana.

Beliau juga menekankan pentingnya etika dalam berkomunikasi dan berperilaku, baik dalam tatap muka maupun komunikasi virtual.

"Berkomunikasi dan berperilakulah yang santun dalam 'tatap muka' dan komunikasi virtual atau pengiriman pesan pendek. Marilah bersama-sama untuk saling menghormati dan menghargai antar semua civitas akademika," tutup Dekan sekaligus membuka secara resmi Kegiatan  PKKMB 2024 itu.

Hal senada disampaikan Dr. Hilarius Yosef, S.Pt., M.P, Ketua Umum Panitia itu menyampaikan bahwa Kegiatan PKKMB itu bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa baru dalam melewati transisi menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri.

"PKKMB adalah momen bagi mahasiswa baru untuk mengenal lebih jauh kehidupan kampus sebelum memulai proses perkuliahan," ujar Ketua Panitia PKKMB dalam laporannya.

Ia juga menekankan bahwa kegiatan itu akan memberikan bekal kepada mahasiswa agar mampu berproses dalam melaksanakan tridharma perguruan tinggi, sehingga kelak menjadi mahasiswa yang berilmu, berakhlak mulia, cinta tanah air, dan berdaya saing global.

Dengan tema "Bersinergi dalam Mewujudkan Mahasiswa yang Transformatif dan Berkarakter," PKKMB tahun ini menekankan pentingnya pemanfaatan teknologi di era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0.

BACA JUGA:

Kegiatan PKKMB TA 2024/2025 FKIP Unika Santu Paulus Ruteng Ditutup Dengan Perayaan Ekaristi Kudus

Ketua Panitia mengajak para mahasiswa untuk tidak takut berubah dan keluar dari zona nyaman. Jangan biarkan keraguan menghalangi langkah kita untuk membuat petualangan indah menjelajah alam pendidikan untuk meraih cita-cita.

Hilarius juga menyampaikan landasan dasar pelaksanaan PKKMB itu dimana pelaksanaan kegiatan itu didasarkan pada Surat Keputusan Dekan FPP dan FT Unika Santu Paulus Ruteng dan diharapkan dapat mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan baru serta memberikan bekal untuk keberhasilan mereka dalam menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Kegiatan ini diakhiri dengan permohonan kepada Dekan FPP dan FT untuk secara resmi membuka pelaksanaan PKKMB 2024.

Menurut data yang diperoleh dari Panitia PKKMB FPPFT 2024/2025 bahwa jumlah mahasiswa baru untuk FPPFT sebanyak 277 dengan rincian Fakultas Pertanian dan Peternakan sebanyak162 orang yang tersebar di Prodi Sosial Ekonomi Pertania sebanyak 35 orang, Prodi Agronomi  sebanyak   50 orang,  dan Prodi Peternakan sebanyak 77 orang. Sedangankan untuk Fakultas Tenik Prodi Teknik Sipil sebanyak 115 orang. (Redaksi PR

Previous article
Next article

Ads Atas Artikel

Ads Tengah Artikel 1

Ads Tengah Artikel 2

Ads Bawah Artikel