Ads Right Header

Buy template blogger

1216 Mahasiswa Baru Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unika Ruteng Ikut Kegiatan PKKMB

Foto: Mahasiswa Baru Ikut Ibadat Sabda dalam Kegiatan Pembukaan PKKMB (Sumber: Panitia)

Kontributor: Rudi Ngalu; Editor: Tim Redaksi

Ruteng, PIJAKAN Rakyat– 1216 mahasiswa baru pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Katolik Indonesia (Unika) Santu Paulus Ruteng mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) pada Senin (19/08/2024) hingga Rabu (21/08/2024). Kegiatan yang berlangsung di Aula Lantai 5 Gedung Utama Timur (GUT) dan Lapangan Missio Kampus Unika Santu Paulus Ruteng ini mengusung tema besar "Membentuk Mahasiswa Baru yang Edukatif, Transformatif, dan Kolaboratif Menuju Indonesia Emas 2045".

Kegiatan yang dijadwalkan berlangsung dari pagi hingga sore selama dua hari ini dibuka secara resmi oleh Dekan FKIP, RD. Dr. Yohanes M. Dangku, S.Fil., M.Pd. Dalam sambutan saat membuka kegiatan Dekan Yohanes menyampakan ucapan selamat datang kepada mahasiswa baru seraya berharap kegiatan PKKMB menjadi sarana mengenal dan mencintai almamater baru lebih dalam. “Kalian jatuh cinta dengan FKIP Unika. Hari ini kita memulai PKKMB. Selamat bergabung. Sebagai dekan, pimpinan FKIP saya mengucapkan selamat datang; selamat bergabung. Namun, seperti pemeo klasik berkata: tak kenal maka tak sayang. Kalian memang jatuh cinta, tetapi belum tentu sayang dan saling sayang. Analogi ini saya pakai. PKKMB menjadi fase awal kalian mulai sayang dan insyaallah akan semakin sayang lembaga ini,” ujarnya

Dalam sambutan yang sama, Dekan Yohanes juga menjelaskan tiga kata kunci yang tertera pada tema PKKMB yang juga menjadi visi fakultas yang dinahkodainya, yaitu Edukatif, Transformatif, dan Kolaboratif. “Edukatif menjadi karakter fakultas, dosen, tendik, dan peserta didik. Sebagai fakultas, fakultas memiliki tujuan mendidik dan mewawaskan insan-insan muda menjadi guru. Sebagai calan mahasiswa/i baru, PKKMB diselenggarakan dalam rangka edukasi dan formasi agar peserta didik disiapkan untuk memulai perjuangan di PT. FKIP dinamis dan responsif terhadap perubahan global, nasional, regional, dan lokal. FKIP adaptif dalam perubahan dan inovatif menciptakan perubahan. Perkembangan, kemajuan, dan pengetahuan manusia/peserta didik dicapai melalui kolaborasi. Mengapa? Tidak semua hal dapat diperoleh atau diketahui seseorang. Terdapat sebuah zona di mana seseorang membutuhkan mediasi pihak lain,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia PKKMB FKIP Unika Santu Paulus Ruteng, Chripinus Jebarus, S.Fil., M.Th dalam keterangan kepada media menjelaskan hakikat pelaksanaan PKKMB tahun ini. “PKKMB adalah kegiatan untuk mahasiswa baru agar mengenal lebih dekat dengan dunia kampus. Kegiatan PKKMB tidak seseram dulu. Pelaksanaannya difasilitasi langsung oleh dosen. Kegiatan yang dijalankan diupayakan dapat mengubah mahasiswa baru menjadi pribadi yang dewasa, mandiri dan siap belajar dengan menyesuaikan dinamikanya di kampus,” tuturnya.

Lebih lanjut, Jebarus menjelaskan tujuan pelaksanaan PKKMB tahun ini. PKKMB memiliki tujuan agar mhs baru bisa beradaptasi dg lingkungan kampus. Kegiatan PKKMB memiliki beberapa tujuan: Mahasiswa baru akan mengenal sistem pembelajaran kampus; Mahasiswa baru lebih mengenal lingkungan kampus, memahami atmosfer kehidupan di kampus beserta lingkungannya, termasuk sarana/prasaran dan fasilitas yg disediakan; Mahasiswa baru mengenal hak dan kewajiban selama berkuliah; Adanya PKKMB membuat kampus lebih ramah dalam menyambut mhs baru,’’ urainya.

Foto: Mahasiswa Baru FKIP Ikut Menyimak Pemaparan Materi PKKMB (Sumber: Panitia)

Pada hari pertama pelaksanaan PKKMB ini, peserta mengikuti 3 sesi pemaparan materi, yaitu pertama materi tentang Kehidupan Berbangsa Bernegara di Era Perkembangan Dan Kemajuan Teknologi Digital yang dibawakan oleh Rektor Unika Santu Paulus Ruteng, Mgr. Dr. Maksimus Regus, S.Fil., M.Si. Kedua, materi bertajuk Sistem Perkuliahan di Unika Santu Paulus Ruteng yang disampaikan Wakil Rektor I, Dr. Marselus Ruben Payong, M.Pd. Ketiga, materi tentang Sistem Keuangan dan Aturan Lembaga yang disajikan oleh Wakil Rektor II, Dr. Kristianus Viktor Panteleon, M.Pd.Si.

BACA JUGA:

Mahasiswa Unika Ruteng Beri Kontribusi Nyata untuk Administrasi Paroki Santu Paulus Mano

Pada hari pertama ini, peserta juga akan mendapatkan materi dari kepolisian dan mengikuti latihan baris berbaris. 

Berdasarkan informasi dari panitia, 1216 mahasiswa baru yang mengikuti PKKMB tahun ini berasal dari 6 (enam) program studi dalam lingkup FKIP, yaitu Prodi Pendidikan Teologi (148 mahasiswa), Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (161 mahasiswa), Prodi PGSD (612 mahasiswa), Prodi Pendidikan Matematika (59 mahasiswa), Prodi PG PAUD (87 mahasiswa) dan Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (149 mahasiswa). (Redaksi PR)

Previous article
Next article

Ads Atas Artikel

Ads Tengah Artikel 1

Ads Tengah Artikel 2

Ads Bawah Artikel