Ads Right Header

Buy template blogger

Unika Santu Paulus Ruteng dan Dinas PKO Manggarai Barat Tanda Tangan Kerja Sama Bidang Penelitian Pendidikan

Foto bersama setelah tanda tangan PKS antara dinas PKO Manggarai Barat dan Tim Riset Unika Santu Paulus Ruteng (Sumber: Ricard Jundu)

Penulis: Ricardus Jundu || Editor: Yati Kabut

Ruteng, PIJAKAN Rakyat- Unika Santu Paulus Ruteng dan Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (PKO) Manggarai barat menandatangani perjanjian kerja sama dalam bidang penelitian, pada Senin (19/06/2023).

Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara kedua belah pihak dilaksanakan di lantai 4 GUT Unika Santu Paulus Ruteng. Kerja sama yang dimaksud dalam bidang penelitian terutama penelitian yang berhubungan dengan pendidikan di kabupaten Manggarai Barat.

Pelaksanaan kegiatan tersebut dihadiri oleh kepala dinas PKO, kepala bidang SD, kepala bidang SMP, dan Tim Riset Unika Santu Paulus. Kepala dinas PKO Manggarai Barat dan rombongan diterima secara adat Manggarai di lantai 4 GUT Unika.

Dalam sambutan Dr. Marsel Payong, M.Pd., selaku perwakilan tim riset unika Santu Paulus Ruteng sekaligus Wakil Rektor II, menyampaikan bahwa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unika Santu Paulus Ruteng sudah mempersiapkan calon guru masa depan dengan mempertimbangkan banyak aspek, salah satunya yaitu perkembangan teknologi.

"Kami di Unika Santu Paulus Ruteng mempersiapkan dengan baik para mahasiswa, khususnya program studi keguruan. Apalagi perkembangan teknologi yang semakin cepat dan merambah sampai ke dunia pendidikan," ujarnya.

Selain itu, Dr. Marsel Payong, M.Pd. menjelaskan pendidikan mengalami perubahan yang signifikan sehingga riset dalam bidang pendidikan menjadi panduan dan dasar untuk keberlangsungan pendidikan yang baik. Penelitian menjadi payung penting bagi pemerintah agar bisa menemukan masalah sesungguhnya yang terjadi dalam bidang pendidikan di Indonesia dan kabupaten Manggarai Barat pada khususnya.

"Penelitian menjadi dasar penentuan kebijakan yang berkaitan dengan pendidikan di Indonesia dan kabupaten Manggarai Barat pada khususnya. Sebenarnya ada banyak masalah dalam pendidikan tetapi masih sulit untuk dipastikan karena minimnya kajian hasil penelitian. Persoalan yang terjadi bisa saja terjadi pada guru, sekolah, sarana prasarana, bahkan sampai pada kebijakan yang ada sehingga sangat penting bagi pemerintah kabupaten Manggarai Barat melalui dinas PKO untuk melakukan kajian berdasarkan penelitian," ujarnya.

Kepala dinas PKO kabupaten Manggarai Barat, Drs. Yohanes Hani, M.Pd., dalam sambutannya menjelaskan tokoh sentral pendidikan terletak pada guru. Guru memiliki peranan penting di sekolah sebagai orang yang memegang kendali atas keberlangsungan dunia pendidikan.

"Tokoh sentral pendidikan ada di guru, tuntutan dunia pendidikan terus berkembang sehingga pada akhirnya menimbulkan gab," jelasnya.

Selanjutnya kepala dinas PKO mengatakan kurikulum terus berubah dan guru harus terus beradaptasi dengan berbagai perubahan itu. Unika Santu Paulus Ruteng menjadi andalan dinas PKO Manggarai Barat karena menjadi kampus pendidikan yang terdekat. Unika Santu Paulus Ruteng menjadi andalan dinas PKO Manggarai Barat karena di dalamnya banyak pakar pendidikan.

BACA JUGA:

* Mahasiswa Agronomi Unika Santu Paulus Ruteng Melakukan Praktikum Kimia Dasar Menggunakan Bahan Alami untuk Belajar Menjadi Petani Modern Masa Depan

* Dies Natalis Prodi Pendidikan Matematika Unika Santu Paulus Ruteng Dirayakan Bersamaan dengan Pentakosta dan Dimeriahkan Berbagai Perlombaan

* Unika Ruteng Gelar Kegiatan Workshop dan Coaching Clinic untuk Tingkatkan Kualitas Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

"Kurikulum yang sudah berubah sehingga perlu bangun diskusi berkaitan dengan sebenarnya apa sih yang diinginkan guru. Universitas yang kami andalkan adalah Unika karena dekat dengan kami dan banyak ahli di bidang pendidikan. Kajian ilmiah biasanya datang dari kampus, tempatnya orang-orang hebat. Harapan kami adalah kajian-kajian penelitian bisa membantu kami nantinya. Ke depannya dinas akan menggelontorkan dana untuk melakukan penelitian dalam bidang pendidikan untuk membantu pendidikan Manggarai Barat yang lebih baik," jelasnya.

Kerja sama penelitian di bidang pendidikan ini direncanakan mengeluarkan anggaran sebesar 300.000.000 rupiah. Harapannya hasil penelitian dari kerja sama antara dinas PKO dan tim riset Unika Santu Paulus Ruteng akan memberikan dampak yang baik bagi peningkatan kualitas pendidikan di kabupaten Manggarai Barat. (Redaksi PR)

Previous article
Next article

Ads Atas Artikel

Ads Tengah Artikel 1

Ads Tengah Artikel 2

Ads Bawah Artikel